Peran Guru PAI Sebagai Konselor Dalam Pelaksanaan Bimbingan Kepribadian Bagi Siswa Di SMKN 2 Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.55249/jpn.v1i2.9Keywords:
Guru PAI, Konselor, Bimbingan KepribadianAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, mendeskripsikan peran guru PAI, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru PAI, dan mengetahui upaya-upaya guru PAI sebagai konselor dalam pelaksanaan bimbingan kepribadian bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian adalah kualitatif. Teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data dilakukan setelah pemeriksaan keabsahan data. Untuk menguji keabsahan data dan validitas data, peneliti mencocokkan dan membandingkan data dari berbagai sumber, baik sumber lisan (wawancara) maupun sumber tulisan (dokumen dan pustaka), maupun data hasil observasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan teknik-teknik triangulasi, perpanjangan kehadiran, pengamatan secara terus menerus, dan pengecekan kecukupan referensi. Kesimpulan hasil penelitian pertanyaan pertama, bimbingan langsung ketika proses belajar mengajar, bimbingan dalam kegiatan ekstra kurikuler wajib, bimbingan dalam kegiatan rohis, bimbingan dalam kegiatan kultum, bimbingan ketika mensosialisasikan peraturan sekolah, bimbingan dalam pembekalan magang bagi siswa yang akan mengikuti prakerin, dan bimbingan ketika melakukan kunjungan magang. Pertanyaan kedua adalah guru PAI sebagai informator, fasilitator, moderator, motivator, dan kolaborator. Pertanyaan ketiga adalah faktor kompetensi guru PAI, orang tua, pribadi siswa, lingkungan, dan sarana prasarana. Pertanyaan keempat adalah mengidentifikasi masalah, melakukan diagnosis, menyusun rencana tindakan, memberikan bantuan, dan tindak lanjut. Juga melalui bimbingan langsung, bimbingan tidak langsung, dan dengan melakukan kerjasama.
References
Ahmadi, M. Ali. (1993). Ilmu Pendidikan, Buku Pegangan Siswi Kelas 1 Aliyah Banat Perguruan Islam Matholiul Falah. Pati. t.tp.
Amin, Samsul Munir. (2010). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta. Amzah
Azhari, Akyas. (1996). Psikologi Pendidikan. Semarang. Dina Utama
Daradjat, Zakiyah. 1996. Ilmu Pendidikan Agama Islam. Jakarta. Bumi Aksara Departemen Agama RI. (2002). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta. Dirjen Kelembagaan Agama Islam Djamarah,
Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah,Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta
Hikmawati, Fenti. (2011). Bimbingan Konseling. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Hurlock , Elizzabeth B. dan Tjandrasa, Med Meitasari. (t.th). Perkembangan Anak, (Pnrj) Jilid. 1. Jakarta. Erlangga Insano. (2004). Bimbingan dan Konseling. Jakarta. Ciputat Press
Jumhur, I. dan Surya, Moh. (1975). Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung. CV. Ilmu. Cet. ke-4
Muhaimin. (2003). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung. Remaja Rosda Karya
Muhibbinsyah. (2002). Psikologi Pendidikan Suatu Pengantar Baru. Bandung. Remaja Rosda Karya
Mugiarso, H, dkk. (2012). Bimbingan dan Konseling. Semarang. Universitas Negeri Semarang Press
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Padang: UNP
Rahman, Hibana S. (2003). Bimbingan dan Konseling Pola 17. Yogyakarta. UCY Press
Sabri, M. Alisuf. (1996). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Pedoman Ilmu Jaya
Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers
Sinaga, Juster Donal. (2018). Dari Layanan Konsultasi Ke Layanan Kolaborasi: Sebuah Model Layanan Tidak Langsung Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Prosiding Seminar Nasional, Konvensi BK ke-XX & Kongres ABKIN ke-XIII Pekanbaru, 27-29 April 2018
Sudjana, Nana. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta. PT.Raja Grafindo Persada
Ulwan, Abdullah Nashih. (1990). Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. Bandung. Assyifa
Usman, Uzer. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosda Karya Zakaria, Abi. (t.th). Riyadhus Sholihin. Semarang: Thoha Putra
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta. Kencana
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 taufik taufik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.