PENGARUH PENGGUNAAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 21 SIKAPAK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.55249/jpn.v3i1.64Keywords:
Model Talking Stick, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar IPAAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA khususnya siswa kelas V SDN 21 Sikapak Barat. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah guru belum menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif dan pembelajaan yang berlangsung masih berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 21 Sikapak Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 21 Sikapak Barat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh yang berjumlah 40 orang semua. Data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji persyaratan analisis dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan Harga ttabel dengan a = 0.05 dan dk 38 yaitu 1,68. Dari penelitian didapatkan thitung = 3,36, karena thitung> ttabel sehingga Ha diterima berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan Model Talking Stick dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Talking Stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 21 Sikapak Barat.Model
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hariyanto, Suyono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kumala, Nur Farida. 2016. Pembelajaran IPA SD. Malang: Ediide Infografika.
Kurniansih, Imas dan Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. T.t: Kata Pena.
Oktavianis, Deby. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 16 Nan Sabaris. Skripsi: STKIP Nasional.
Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab IV ayat 1
Pulungan, Istarani. 2015. Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada.
Putriani. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri 16 Sungai Geringging dan SD Negeri 03 Sungai Geringging. Skripsi: STKIP Nasional.
Shoimin, Aris. 2019. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurukulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2021. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metetode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara
Ultari, Prananda Mulya. 2017. Penggunaan Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 03 Patamuan Padang Pariaman. Skripsi: STKIP Nasional.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zulfiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.