MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SENILAI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA “PAPAN PECAHAN AJAIB” SISWA KELAS III DI SD NEGERI 07 SITAPUNG KECAMATAN AMPEK ANGKEK
DOI:
https://doi.org/10.55249/jpn.v3i1.63Keywords:
Hasil Belajar, Pecahan Senilai, Alat PeragaAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah sulitnya siswa memahami dan menentukan pecahan senilai. Kesulitan ini timbul dilatar belakangi oleh beberapa hal yaitu : siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, guru tidak menggunakan strategi dan alat peraga sehingga pelajaran masih monoton. Dengan masalah tersebut maka hasil belajar siswa banyak yang dibawah kriteri ketuntasan belajar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menetukan pecahan senilai dengan menggunakan alat peraga “ papan pecahan ajaib”. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan jumlah subjek 7 orang siswa. Untuk Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini berupa lembaran tes siswa tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan angka sebagai berikut : pra siklus rata-rata 63,5, siklus I adalah 74,5 dan siklus II dengan angka 86,8. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan alat peraga “papan pecahan ajaib” dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan pecahan senilai pada siswa kelas III SDN 07 Sitapung
References
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.
Depdiknas. (2006). Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Depdiknas.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Dimiyati,Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11
Faisal, Sanapiah. (2007). Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Grafindo.
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14-20
Juandi, J., Firdaus, M., & Oktaviana, D. (2020). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN PERKALIAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 95-104.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2010
Kunandar.2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Universitas Lampung
Nurhayati, N. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Maubanu, Y. I. F., & Anugraheni, I. (2020). META ANALISIS PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(4), 420-420
Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-34
Sugihartono,Dkk ( 2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Uuy Press
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajat Mengajar. Bandung: Pt Remaja
Wardani,Dkk (2019). Pemantapan Kemampuan Profesional. Tangerang: Universitas Terbuka
Widoyoko, Ekoputro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Yudharina, Pretty. 2015 Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Mejing 2 Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Tahun Ajaran 2014/20
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eliza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.