PENGARUH PENERAPAN MODEL SUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 01 NAN SABARIS
DOI:
https://doi.org/10.55249/jpn.v3i1.62Keywords:
Model Student Team Achievement Division (STAD), MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IV SDN 01 Nan Sabaris. Salah satu faktor penyebabnya adalah, beberapa dari peserta didik tidak memperhatikan pendidik dalam menyampaikan pelajaran serta guru belum menggunakan model STAD dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh penerapan model student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas IV SD Negeri 01 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian adalah Posttest-Only Control Design. Populasi penelitan ini adalah semua siswa kelas IVA dan IVB dengan jumlah siswa 40 orang SDN 01 Nan Sabaris. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sehinnga terpilih kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang di gunakan berupa test. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen 85.05 dan rata-rata nilai di kelas kontrol 76.9. Dari hasil uji statistik diperoleh thitung = 2.32 dan tta bel = 2.024. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Penerapan penggunaan model student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di SDN 01 Nan Sabaris.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara..
________________ 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta: PT Rineka Cipta.
________________ 2014. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: sinar grafika.
Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2009. Konsep Startegi Pembelajaran.
Refika Aditama. Bandung.
Putra, Reziama Sitiatava, 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sain Jakarta: Putra, Rizema, sitiatava.
Salahudin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan .`Bandung :Pustaka Setia
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Jakarta: Ar Ruzz Media.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Sudjana. 2016. Metode Statistik. Bandung: TARSITO.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Penerbitan Sinar Baru Algensindo Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2012. Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Suparno, Paul. 2010. Metode Penelitian Fisika. Yogyakarta: Universitas Senata Darma
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarat: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Japemar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.