UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA MELALUI KEGIATAN IHT DI SDN 29 KOTO HILALANG KECAMATAN AMPEK ANGKEK KABUPATEN AGAM SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Meiriza Harni SDN 29 KOTO HILALANG KECAMATAN AMPEK ANGKEK

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v3i1.61

Keywords:

iHT, Kompetensi, Media Pembelajaran Berbasisi ICT

Abstract

Penelitian ini menekankan kepada peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dengan pelaksanaan kegiatan iHT di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan empat langkah pokok, yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif.  Berdasarkan hasil penelitian dapat kesimpulan bahwa pelaksanaan iHT  terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil penilaian  kompetensi guru-guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva di mana pada kondisi awal  rata-rata nilai 45,88 dan masuk dalam kategori Kurang (K), meningkat pada siklus pertama dengan rata-rata nilai 70,93 dan masuk dalam kategori Cukup (C) dan pada siklus kedua dengan rata-rata nilai 90,40 dan masuk dalam kategori Baik (B). Adapun peningkatan kompetensi guru-guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva secara individu pada kondisi awal belum ada guru yang dinyatakan tuntas, pada siklus pertama 10 guru atau 55,56% dinyatakan tuntas dan pada siklus kedua 18 guru atau 100% dinyatakan tuntas. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan iHT terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru-guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva.

 

References

Alfaris, Sujoko. 2012. Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui InHouse Training. Jurnal Pendidikan Penabur-No.18 tahun ke 11/Juni.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. : Rineka Cipta

Atmodiwirio, Syukur. 2011. Manajemen Pelatihan. Jakarta: Ardalizya Jaya.

Dale S. Beach, 2015, Personnel : The Management Of People At Work, Third. Edition, Collier Macmillan, Publisher

Danim, Sudarwan & Khairil. 2012. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Dessler, Gary 2017. Manajemen Personalia. Terjemahan Agus Darma, Jakarta. Penerbit Erlangga.

Finch, C. dan Crunkilton, J.R. 2012. Curriculum Development in Vocational and

Technical Education : Planning,Content and Implementation. Boston : Allyn and Bacon, Inc

Flippo, Edwin B. 2016. Manajemen Personalia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kamaludin. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Mandar Maju.

Kamil, M. 2011. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta

Marwansyah.2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Meldona. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Integratif. Malang: UIN-Malang Press.

Mulyasa, E. 2017. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi Hadari. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia kompetitif, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta : Kemendikbud

Purwono, dkk. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu

Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Pacitan.Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.2, No. 2, hlm. 127 144

Rahman at all. 2016. Peran Strategis Kapala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint.

Roestiyah. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Rosdiana, Bakar A, 2016, Pendidikan Suatu Pengantar,Cetakan Ketiga Bandung: CitaPustakaMediaPerintis.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme

Guru, RajaGrafindo Persada, Jakarta

Sofo, Francesco 2011. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Edisi Terjemahan. Surabaya: Airlangga University Pers.

Sugiyono, 2013, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surat Edaran Kemendikbud No. 4 Tahun 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Viru Disease Covid 19. Diakses pada 30 Oktober 2020

Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7 No 2.

Usman, Husaini. 2012. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Yuniati, 2012. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles