UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA MELALUI KEGIATAN IHT DI SDN 29 KOTO HILALANG KECAMATAN AMPEK ANGKEK KABUPATEN AGAM SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.55249/jpn.v3i1.61Keywords:
iHT, Kompetensi, Media Pembelajaran Berbasisi ICTAbstract
Penelitian ini menekankan kepada peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dengan pelaksanaan kegiatan iHT di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan empat langkah pokok, yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat kesimpulan bahwa pelaksanaan iHT terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil penilaian kompetensi guru-guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva di mana pada kondisi awal rata-rata nilai 45,88 dan masuk dalam kategori Kurang (K), meningkat pada siklus pertama dengan rata-rata nilai 70,93 dan masuk dalam kategori Cukup (C) dan pada siklus kedua dengan rata-rata nilai 90,40 dan masuk dalam kategori Baik (B). Adapun peningkatan kompetensi guru-guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva secara individu pada kondisi awal belum ada guru yang dinyatakan tuntas, pada siklus pertama 10 guru atau 55,56% dinyatakan tuntas dan pada siklus kedua 18 guru atau 100% dinyatakan tuntas. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan iHT terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru-guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva.
References
Alfaris, Sujoko. 2012. Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui InHouse Training. Jurnal Pendidikan Penabur-No.18 tahun ke 11/Juni.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. : Rineka Cipta
Atmodiwirio, Syukur. 2011. Manajemen Pelatihan. Jakarta: Ardalizya Jaya.
Dale S. Beach, 2015, Personnel : The Management Of People At Work, Third. Edition, Collier Macmillan, Publisher
Danim, Sudarwan & Khairil. 2012. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Dessler, Gary 2017. Manajemen Personalia. Terjemahan Agus Darma, Jakarta. Penerbit Erlangga.
Finch, C. dan Crunkilton, J.R. 2012. Curriculum Development in Vocational and
Technical Education : Planning,Content and Implementation. Boston : Allyn and Bacon, Inc
Flippo, Edwin B. 2016. Manajemen Personalia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kamaludin. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Mandar Maju.
Kamil, M. 2011. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta
Marwansyah.2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.
Meldona. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Integratif. Malang: UIN-Malang Press.
Mulyasa, E. 2017. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nawawi Hadari. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia kompetitif, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta : Kemendikbud
Purwono, dkk. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Pacitan.Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.2, No. 2, hlm. 127 144
Rahman at all. 2016. Peran Strategis Kapala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint.
Roestiyah. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rosdiana, Bakar A, 2016, Pendidikan Suatu Pengantar,Cetakan Ketiga Bandung: CitaPustakaMediaPerintis.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme
Guru, RajaGrafindo Persada, Jakarta
Sofo, Francesco 2011. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Edisi Terjemahan. Surabaya: Airlangga University Pers.
Sugiyono, 2013, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Surat Edaran Kemendikbud No. 4 Tahun 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Viru Disease Covid 19. Diakses pada 30 Oktober 2020
Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7 No 2.
Usman, Husaini. 2012. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahjosumidjo. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Yuniati, 2012. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Meiriza Harni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.