PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 5 KOTA PARIAMAN

Authors

  • Irvan Beatres SMPN 5 Kota Pariaman

Keywords:

Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 5 Kota Pariaman. Selama PBM (Proses Belajar Mengajar) siswa sering ditemui memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik. Seperti, siswa yang sering terlambat datang kesekolah. Dan kurangnya keinginan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Seperti, siswa tidak konsentrasi dalam mengikuti pelajaran.Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari tiga variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 5 Kota Pariaman. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sehingga 98 orang siswa merupakan responden penelitian. Instrumen penelitian adalah berupa pembagian angket. Teknik analisis data digunakan untuk menguji hipotesis t dan uji Berdasarkan uji statistik secara parsial Kebiasaan Belajar (X1) terhadap Hasil Belajar diperoleh nilai thitung sebesar 3.244 > ttabel 1,66, dengan nilai signifikan 0,002<0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Secara parsial Motivasi Belajar (X2) terhadap hasil belajar diperoleh nilai thitung> ttabel  sebesar 4,139> t tabel sebesar 1,66 dengan nilai signifikan 0,000< 0,05. Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.

References

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Burman, Perinaldi. 2016. Pengaruh Kreativitas Dan Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Di Sma N 1 Ulakan Tapakis.

Dimyati., Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2018. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri., Zain, Aswan. 2014. Stretegi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Banjarmasin; Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Infirul Tati’ah. 2009. Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahayu, Mugi Mardiyatun. 2015. Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Dalam Journal Of Elementary Education.

Sardiman. 2016. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Siregar, Eveline Siregar., Nara, Hartini. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran Jakarta: Ghalia Indonesia.

Slavin, E. Robert. 2005. Cooperative Learning. Bandung:Nusamedia.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Uno, Hamzah B. 2015. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles