PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DENGAN MODEL JURISPRUDENTIAL INQUIRY DI KELAS IV SD NEGERI 19 TANJUNG MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.55249/jpn.v2i2.56Keywords:
PKn, Hasil Belajar, Model Jurisprudential InquiryAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang belum sesuai dengan tujuan Pembelajaran PKn yang diharapkan. Guru kurang memperhatikan ranah afektif, guru kurang memotivasi siswa untuk aktif menganalisis sebuah kasus yang sedang hangat di tengah masyarakat.Tujuan dari Penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan model Jurisprudential Inquiry di Sekolah Dasar.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang. Peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas dan teman sejawat berperan sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan model Jurisprudential Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar PKn di Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan, a) perencanaan, siklus I 67,85% meningkat pada siklus II menjadi 83,96% dengan kualifikasi (SB) sangat baik, b) pelaksanaan aspek guru pada siklus I 68,06% meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kualifikasi (SB) sangat baik, aspek siswa siklus I 68,06% meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kualifikasi (SB) sangat baik c) hasi belajar siswa, siklus I 69,74 meningkat pada siklus II menjadi 83,7 dengan kualifikasi (SB) sangat baik.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Citpa.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mujdiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.
Imron, Ali. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Jihad, Asep. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kunandar. 2011. Guru Profesional, Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Martono, Nanang. 2011. Metode penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Data Sekunder. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Muslich, Masnur. 2007. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman Dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara
Muslich, Masnur. 2010. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Subijakto,Fajar.2013.Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry wordpress.com http://www.google.com/search?q=model+pembelajaran+jurisprudential+inquiry&hl=id&gbv=2&oq=model+pembelajaran+jurisprudential+inquiry. Diakses tanggal 01 Oktober 2013
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajaran Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif dan R &D. Bandung : Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: : Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Uno, Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar yang Aktif dan Kreatif. Jakarta : Bumi Aksara.
Uno, Hamzah. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta : Bumi Aksara.
Wahab, Aziz. 2010. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Winataputra, Udin S. 2006. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rista Duwitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.