PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK MENGGUNAKAN TEKNIK CLASSROOM VISITION DI SMP NEGERI 3 AMPEK NAGARI KECAMATAN AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Ridha Iswartiditra SMP NEGERI 3 AMPEK NAGARI

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i2.53

Keywords:

Kemampuan, PBM, Supervisi Akademik, Classroom Visition

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan dan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan PBM melalui pelaksanaan supervisi akademik dengan Teknik Classroom Visition di SMP Negeri 3 Ampek Nagari Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 khususnya pada aspek pengelolaan kegiatan belajar mengajar. Subjek penelitian adalah guru di SMP Negeri 3 Ampek Nagari Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 6 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu Triangulasi  yang digunakan dalam penelitian adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan proses belajar mengajar (PBM),  di mana pada kondisi awal tidak ada guru yang mampu menyusun pengelolaan proses belajar mengajar (PBM) dengan baik hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil nilai rata-rata yang diperoleh guru-guru yaitu 49,50 dan hanya masuk dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat cukup signifikan dan terdapat 3 guru  atau 50,00% yang dinyatakan mampu mengelola proses belajar mengajar (PBM) dengan baik, dengan peroleh nilai rata-rata secara klasikal sebesar 69,83 dan masuk dalam kriteria cukup dan pada siklus terakhir menjadi  guru atau 100%, dibuktikan dengan perolehan nilai sebesar 88,00 dalam kriteria nilai baik. Dari hasil penelitian sebagaimana dijelaskan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dengan Teknik Classroom Visition di SMP Negeri 3 Ampek Nagari Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan PBM.

References

Abdul, Majid. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja. Rosdakarya

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Imron, Ali. 2012. “Metode Penelitian Hand Out”. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Arikunto, Suharsimi., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Asf, Jasmani & Mustafa, S., 2013, Supervisi Pendidikan: Terobosan baru dalam

Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru, Yogyakarta: Arr – Ruzz Media.

Bafadal, I & Imron, A. 2004 Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Malang: Kerjasama FIP UM dan Ditjen-Dikdasmen

Davis, B Gordon, et.al 1984, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen,. Jakarta Pustaka Bina Presindo.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.Jakarta: Depdiknas

Eheren, M.C.M. and Visscher A.J., 2006. The Relationship between School Inspections, School Characteristic and School Improvement, British Journal of Educational Studies,ISSN 0007-1005, DOI number: 10.1111/j.1467-8527.2008.00400.x Vol. 56 , No. 2 , June 2008 , pp 205–227

Flanders, N.A. 1976”Interaction Analysis and Clinical Supervision,” Journal of Research and Development in Education, Volume 9 2, Athens, Georgia. Journal of Research and Development in Education. Volume 15, Athen, Georgia

Glickman, 1985 , Intructional Supervision, , New Jersey, Prentice Hall, Inc Englewood Cliftfs

H.B. Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS Press

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

J. Suprapto, 2003, Metode Penelitian Hukum dan Statistik, Rineka Cipta, Jakarta.

Kemmis, S. dan Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Deakin:Deakin University

Krajewski, R.A, Anderson 1982.”Clinical Supervision: A Conceptual Framework,”

Lunenburg, Fred C. dan Irby, Beverly J., 2006, The Principalship Vision to Action, United States of America, Wadsworth

Mantja, W. 2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media

Moleong, Lexy, J, 2007, Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung, PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E, 2004, Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Mensukseskan MBS dan KBK, Bandung, Remaja Rosda Karya

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya

Oliva, P.F.1984. Supervision for Todays School. New York: Tomas J. Crowell Company.

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rodakarya.

Robbins, Stephen P. dan Judge, Timothy A., 2009. Organizational Behavior. 13th Edition. Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan SDM. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, Piet A. dan Mahateru, F. 2008. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Subroto Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.

Sudiarto. 1989. Supervisi Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhardjono dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Tisnowati Tamat dan Moekarto Mirman. 2005. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiles, Kimball, John T Lovell, 1975. Supervision for Better Schools. New Jersey: Prentice-Hall.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles