PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI CARD SORT DI SD NEGERI 11 PANINJAUAN KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM

Authors

  • Nengsi Mustia SDN 11 PANINJAUAN

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i2.52

Keywords:

Motivasi, Strategi Card Sort

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 11 Paninjauan Kecamatan Tanjung Rayadengan persentase 53% siswa yang ada motivasinya untuk belajar, strategi pembelajaran yang digunakan belum tepat. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran card sort. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 11 Paninjauan Kecamatan Tanjung Rayayang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian ini yaitu angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar IPA. Analisis lembar observasi motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 56,24% dan 84,16% pada siklus II. Analisis angket motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh 75,49% dan 86,24% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui penggunaan strategi card sort mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan penjelasan di atas peneliti menyarankan agar guru dapat mengunakan strategi card sort untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aswirmanto. 2011. ’’Peningkatan Motivasi Pembelajaran IPA Siswa Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Di Kelas V SD N 16 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman (skripsi)’’. Padang: FKIP Universitas Bung Hatta.

Desfitri, Hendri, dan Amrina. 2008. ‘’Peningkatan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Model Padang Melalui Pendekatan Kontekstual (skripsi)’’. Padang: FKIP Universitas Bung Hatta.

Djamarah dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nilasari, Risva. 2012. ‘’Pengaruh Strategi Card Sort Terhadap Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Biologi di SMP Kartika I-6 Padang (skripsi)’’. Padang: IKIP Universitas Bung Hatta.

Panduan penyusunan KTSP lengkap (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan) SD, SMP, DAN SMP. 2008. Yogyakarta: Pustaka Yustia.

Panut dkk. 2007. Dunia IPA Kelas IV SD. Bogor: Yudhistira.

Sapriati, Amelia dkk. 2008. Pembelajaran IPA Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Silberman, Melvin L. 2009. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani dan Yappendis.

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles