UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN 1 SAMPAI DENGAN 10 MENGGUNAKAN PERAGA BENDA KONKRET SISWA KELAS I SD NEGERI 12 KOTO GADANG KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Linda Novia SDN 12 Koto Gadang

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i2.51

Keywords:

Motivasi, Hasil Belajar, Peraga Benda Konkret

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika materi Bilangan 1 sampai dengan 10 di kelas I SD Negeri 12 Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2021/2022, sehingga berimplikasi pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dilaksanakan masing-masing dengan 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 12 Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 jumlah siswa 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari tiap-tiap siklus. Peningkatan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal terdapat 4 siswa atau 28,57% yang dinyatakan tuntas, pada siklus pertama meningkat menjadi 10 siswa atau 71,43% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 92,86% atau 13 siswa dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 14 siswa, serta peningkatan rata-rata pada kondisi awal sebesar 55,00, meningkat menjadi 66,43 pada siklus pertama dan 77,86 pada siklus kedua. Adapun ketuntasan belajar pada kondisi awal terdapat 3 siswa atau 21,43% yang dinyatakan tuntas, pada siklus pertama meningkat menjadi 8 siswa atau 57,14% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 92,86% atau 13 siswa dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 14 siswa. Perolehan angka tersebut telah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu minimal 85% dari jumlah siswa mengalami peningkatkan hasil belajarnya atau mendapat nilai ≥ KKM=70. Kesimpulannya adalah pemanfaatan alat peraga benda konkret terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 12 Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 pada pembelajaran matematika materi Bilangan 1 sampai dengan 10.

References

Amir Hamzah Sulaiman. 1985. Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: PT Gramedia

Arikunto, Suharsini. 1990. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Basuki Wibawa, 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV. Maulana

Benyamin S, Bloom dkk, 2007. Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini. PT. Rineksa Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2000. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti

Hamzah B. Uno. 2010. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hughes, Melody.1999. Teaching Aids for Mathematics. Diakses dari http://www.ehow.com/about_6164419_teaching-aids mathematics.html?ref= Track2&utm_source=ask. pada tanggal 04 Oktober 2012, Jam 20.15 WIB.

Ivatun Farahdiba, 2009. Skripsi Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Aktivitas Bertanya dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII SMPN 10 Mataram Tahun Pelajaran 2008/2009. IKIP Mataram.

James, A. Monica.1996.Mathematics Textbook, Materials, and Manipulatives.Jurnal LD Forum 21 No.2 41-45.

Martiningsih. 2008. Apakah Penggunaan Media Benda Asli dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP Al Muslim Waru Sidoarjo?. Diakses dari http://www.martiningsih.co.cc /2008/10/penelitian-tindakan-kelas-smp-kelasix.html. Pada tanggal 8 Nopember 2012, jam 11.00 WIB.

Moomaw, S. dan Hieronymus, B. 1995. More Than Counting. St.Paul: Redleaf Press

Mulyani Sumantri dan Johar Permana. 1999. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Oemar Hamalik. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rina Dyah Rahmawati, dkk. 2006. Petunjuk Penggunaan Alat Peraga Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

S. Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Seefeldt, Carol, dan Barbour, Nita, 2008. Early Childhood Education, New York: MacMillan College Publishing Company

Siti Hawa, dkk. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Slamet Suyanto 2005, Dasar-Dasar PAUD,Jogyakarta :Hikayat

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana, 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sudjana, Nana. 2005. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sungkono. 2007. Peran Benda Asli (Real Object) dan Pemanfaatannya dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Pembelajaran nomor 1, Vol 3. Yogyakarta: KTP FIP UNY.

Susilo Fitri Yatmoko. 2011. Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Benda Asli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Semester I. Diakses dari http://susilofy.wordpress.com/2011/02/18/. Pada tanggal 10 Nopember 2012, pukul 13.00 WIB

Suwaningsih, E dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung. UPI PRESS.

Tim MKKBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. FPMIPA. Bandung UPI.

Uzer Usman. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Yudhi Munadi , 2008. Media Pembelajaran Jakarta Dirjen Dikti Depdiknas

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles