PEMANFAATAN KARTU ATENG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 PINCURAN VII TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Rani Triana SDN 14 Pincuran VII

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i2.50

Keywords:

Kartu Ateng, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari masih rendahnya nilai mata pelajaran IPS dibandingkan dengan KKM yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keberhasilan proses pembelajaran menggunakan  Kartu Ateng pada pembelajara IPS tentang kondisi geografis sosial budaya negara-negara ASEAN. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VI di SDN 14 Pincuran VII. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua  siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaa (Planning), pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI  SDN 14 Pincuran VII Kecamatan Ampek Angkek yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mendapatkan informasi tentang keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tes tertulis digunakan untuk mengukur pencapaian siswa setelah pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Kartu ateng  ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam bekerja sama dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang kondisi geografis sosial budaya negara-negara ASEAN di kelas VI SDN 14 Pincuran VII tahun 2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil tiap siklus mengalami peningkatan yaitu diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 69,62 meningkat menjadi 73,51 pada siklus II. Presentase jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan juga meningkat pada siklus I sebesar 88,88% (Kategori Baik), meningkat menjadi 91,67% (Kategori Istimewa) pada siklus II.

References

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arifin, Anwar, . 2003 .Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam UU Sisdiknas . Jakarta : Depag

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Basrowi, Suwandi. 2008 . Prosedur Penelitian Tindakan Kelas . Bogor : GhaliaIndonesia.

Depdiknas. 2008 . Kurikulum Kelas VI SD . Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. 2008 . Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hamalik, Oemar. 1994. Metode Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Haryanto . 2002 . IPS untuk SD Kelas VI. Yogyakarta : Penerbit Erlangga.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik . Yogyakarta : Pustaka Pelaja

Iskandar . 2009 . Penelitian Tindakan Kelas . Ciputat : Gaung Persada

Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta. Ngalim,

Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruseffendi, E.T. 1988 . Pengajaran Modern dan Masa Kini Seri Pertama . Bandung : Tarsito.

Surya, Mohamad . 2005 . Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran . Jakarta : Pustaka Bani Quraisy

Surya, Muhammad. 2007 . Dasar – Dasar Kependidikan di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles