PEMANFAATAN KARTU ATENG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 PINCURAN VII TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.55249/jpn.v2i2.50Keywords:
Kartu Ateng, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari masih rendahnya nilai mata pelajaran IPS dibandingkan dengan KKM yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keberhasilan proses pembelajaran menggunakan Kartu Ateng pada pembelajara IPS tentang kondisi geografis sosial budaya negara-negara ASEAN. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VI di SDN 14 Pincuran VII. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaa (Planning), pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 14 Pincuran VII Kecamatan Ampek Angkek yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mendapatkan informasi tentang keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tes tertulis digunakan untuk mengukur pencapaian siswa setelah pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Kartu ateng ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam bekerja sama dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang kondisi geografis sosial budaya negara-negara ASEAN di kelas VI SDN 14 Pincuran VII tahun 2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil tiap siklus mengalami peningkatan yaitu diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 69,62 meningkat menjadi 73,51 pada siklus II. Presentase jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan juga meningkat pada siklus I sebesar 88,88% (Kategori Baik), meningkat menjadi 91,67% (Kategori Istimewa) pada siklus II.
References
Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Arifin, Anwar, . 2003 .Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam UU Sisdiknas . Jakarta : Depag
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta
Basrowi, Suwandi. 2008 . Prosedur Penelitian Tindakan Kelas . Bogor : GhaliaIndonesia.
Depdiknas. 2008 . Kurikulum Kelas VI SD . Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas. 2008 . Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hamalik, Oemar. 1994. Metode Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Haryanto . 2002 . IPS untuk SD Kelas VI. Yogyakarta : Penerbit Erlangga.
Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik . Yogyakarta : Pustaka Pelaja
Iskandar . 2009 . Penelitian Tindakan Kelas . Ciputat : Gaung Persada
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta. Ngalim,
Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ruseffendi, E.T. 1988 . Pengajaran Modern dan Masa Kini Seri Pertama . Bandung : Tarsito.
Surya, Mohamad . 2005 . Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran . Jakarta : Pustaka Bani Quraisy
Surya, Muhammad. 2007 . Dasar – Dasar Kependidikan di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rani Triana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.