PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETINGS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PROSES PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 65 MANGGOPOH UTARA KECAMATAN LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/202

Authors

  • Gadis SDN 65 MANGGOPOH UTARA

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i2.48

Keywords:

Aktivitas, Hasil Belajar, Zoom Cloud Meetings

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi proses peredaran darah manusia siswa kelas V SD Negeri 65 Manggopoh Utara Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 65 Manggopoh Utara Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Validitas penelitian tindakan kelas ini dengan meminimalkan subjektivitas melalui triangulasi. Analisis data dengan teknik deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan aktivitas siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 36,00% atau 9 siswa meningkat menjadi 72,00% pada siklus pertama atau sebanyak 18 siswa, dan pada siklus kedua menjadi 100%  atau sebanyak 25 siswa dinyatakan tuntas. Peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  61,20 menjadi 66,80 pada siklus pertama, dan pada siklus kedua menjadi 76,40 serta peningkatan ketuntasan belajar dari 11 siswa atau 44,00% menjadi 13 siswa atau 52,00% dan 22 siswa atau 88,00% pada siklus kedua. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi zoom cloud meetings terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi proses peredaran darah manusia  siswa kelas V SD Negeri 65 Manggopoh Utara Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.

References

A.M.,Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Anita.2009. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung

BSNP Depdiknas 2007. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika, Jakarta

Gikas, J.,&Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18-26. http://dx.doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Juliantara, Dadang. 2010. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

Junaedi. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok pada Materi Kalor untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Bandung. UPI (thesis) Tidak Diterbitkan

Kemmis S dan Mc.Taggart. 1992. The Action Research Planner. Victoria: Deakrin University

Rochiati Wiriaatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Setiawan P dan Usman H. (1995). Metodologi penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sofyana &Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86.

Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Wilujeng, Insih, Agus Setiawan, dan Liliasari. 2010. Kompetensi IPA Terintegrasi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Mahasiswa S-1 Pendidikan IPA. Jurnal Cakrawala Pendidikan No. 3.Yogyakarta

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles