UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI DAUR HIDUP DENGAN METAMORFOSIS SISWA KELAS IV SDN 13 MAGEK KECAMATAN KAMANG MAGEK KABUPATEN AGAM MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Nofianti SDN 13 MAGEK KECAMATAN KAMANG MAGEK

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i2.46

Keywords:

keaktifan, prestasi belajar, everyone is teacher here

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi daur hidup dengan metamorfosis dengan metode everyone is teacher here. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan empat tahapan yaitu (1) perencanaan (planning) ,  (2) pelaksanaan tindakan (action),  3) observasi (observation) , (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri 13 Magek Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam dengan jumlah 18 siswa.   Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif  teknik persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan siswa pada studi awal hanya 10 siswa atau 29,41%, naik menjadi 22 siswa atau 64,71% pada siklus pertama, dan 94,12% atau 32 siswa pada siklus kedua . Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  55,88  naik menjadi 66,76 pada siklus pertama, dan  76,47  pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (23,53%)pada studi awal,  58,82% atau 20 siswa pada siklus pertama,  30  siswa atau 88,24% pada siklus kedua sehingga dapat simpulkan bahwa semua indikator dan kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran telah terpenuhi dan tercapai pada siklus kedua. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode everyone is teacher here terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi daur hidup dengan metamorfosis siswa kelas IV SD Negeri 13 Magek Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 .

References

Abu Ahmadi, 1990. Strategi Belajar Mengajar Bandung: CV Pustaka Setia

Achmad Sugandi, dkk. 2008. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Tafsir, 1995. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Anton, M, Mulyono. 2001. Aktivitas Belajar. Bandung. Yrama.

Arikunto, Suharsimi., 2009, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Darsono, Max. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta : Depdiknas,

Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Beserta Penjelasannya Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2005. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati, Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Dr. Wina Sanjaya, M.Pd., 2009. Kurikulum Dan Pembelajaran, jakarta : Kencana Prenada Media Group

Hamalik, Oemar. 2003. Teknik Pengukur dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Hamzah. B. Uno, dkk. 2009. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Hisyam Zaini, dkk, 2002. Strategi Pembelajaran Aktif Di Perguruan Tinggi Yogyakarta: CTSD

Hujair AH. Sanaky (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania

Press

Ismail SM. (2009). Strategi Pembelajaran Agama Berbasis PAIKEM. Semarang : Rasail

Media Group.

J. Moleong, Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya; Bandung.

Muhammad Zaini, MA., 2009. Pengembangan kurikulum, Konsep Implementasi, Evaluasi dan Inovasi, Yogyakarta : Teras

Mulyasa, 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif

dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muntholi’ah, 2002. Konsep Diri Positif Penunjang Prestasi PAI, Semarang: Gunungjati dan Yayasan al-Qalam,

Nana Saodih Sukmadinata, 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja.

Raka Joni, T. 1992. Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Melalui. Strategi Pembelajaran Aktif (Cara Belajar Aktif) dan pembinaan. Profesional Guru, Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah Serta. Pembina Lainnya. Jakarta:Debdikbud.

Saiful Bahri Djamarah, 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta

Silberman, Mel. (2009). Active Learning 101 Strategi pembelajaran aktif Yogyakarta: Pustaka Insan madani.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.Rineka

Soemanto, Wasty. 1988. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin. Pendidikan Cetakan Ke 5. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi

Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutikno, M. Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran “Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil”. Lombok: Holistica.

Syaiful Sagala, 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran Bandung : Alfabeta2

Thoha Hamim, 1999, Islam dan Masyarakat Madani 1 Ham, Pluralisme, dan Toleransi Beragama, Koran Harian "Jawa Pos", Kamis Kliwon, Tanggal, 11 Maret.

W.J.S, Poerwadarminta (1992), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai. Pustaka, Jakarta

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta : PT. Grasindo.

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung. Persada Press

Yusufhadi, Miarso. 2004. Menyemai Benih TeknologiPendidikan. Jakarta: Kencana Persada Group.

Zaini, Hisyam, dkk., 2009, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles