UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGAJAR MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK INDIVIDUAL DI SD NEGERI 03 GERAGAHAN KECAMATAN LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Fadli.S SD NEGERI 03 GERAGAHAN KECAMATAN LUBUK BASUNG

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i2.45

Keywords:

supervisi, teknik individual, kompetensi

Abstract

Kompetensi guru khususnya guru di SD dalam mengajar di masih rendah.  Untuk meningkatkan kompetensi guru  di SD Negeri 03 Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam dalam mengajar maka diperlukan tindakan sebagai langkah perbaikan, dengan melaksanakan kegiatan penelitian tindakan sekolah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar. Subjek penelitian yaitu guru-guru di SD Negeri 03 Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam pada semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 5 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data  menggunakan teknik deskriptif kualitatif, sedangkan penilaian terhadap kriteria kualitas pelaksanaan proses belajar mengajar dari guru yang diamati dan diobservasi  dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan komptensi guru dalam mengajar  dinilai melalui 4 aspek penilaian yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan proses pembelajaran menunjukkan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Rata-rata hasil penilaian terhadap 4 aspek penilaian kompetensi guru dalam mengajar pada setiap siklusnya dapat dijelaskan bahwa pada kondisi awal  sebesar 54,75 masuk dalam kriteria (C), pada siklus kedua 74,07 masuk dalam kriteria (C) dan pada siklus terakhir  sebesar 93,51 dan masuk dalam kriteria nilai (SB). Kesimpulannya adalah pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik individual ditunjang dengan pelaksanaan supervisi kunjungan kelas terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru SD Negeri 03 Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam pada semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. : Rineka Cipta

Cherrington, J. David, 1995. The Management of Human Resource, New Jersey:Prentice Hall International, Inc.

Dodd, W.A. 1972. Primary School Inspection in New Countries. London: Oxford University Press.

Ibrahim Bafadal. 2003. Supervisi Pengajaran: Teori Dan Aplikasinya Dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara

Lucio, Wiliam H. dan Mc Neil John D, 1979, Supervision in thought and Action. McGraw-hill book Co., Ny.

Majid, Abdul (2005). Perencaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya

Muhaimin (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Muhibbin, Syah. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2004. Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurhadi, 2004, Kurikulum 2004, (Pertanyaan dan Jawaban), Penerbit PT. Grasindo, Jakarta.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Robbins, Stephen P., (2001), Organizational Behavior, New Jersey: Pearson Education International.

Robotham, David, (1996). Competences: Measuring The Immeasurable, Management Development Review, Vol 9,

Sergiovanni J., Thomas, 1987, The Principalship a Reflective Practice Perspective, Bosto: Allyn and Bacon, Inc

Sofo. Francesco. (1999). Humen Resource Development, Perspective, Roles and practice Choice. Business and Professional Publishing, Warriewood, NWS

Spencer, Lyle M., Jr & Signe M.,Spencer (1993). Competency at Work: Model for Superior Performance. John Wiley & Sons .Inc

Sudjana. 1982. Teknik Analisis Korelasi dan Regresi. Bandung: Transito.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suparlan, 2005, Menjadi Guru Efektif, Jakarta: Hikayat Publishing

Tilaar.H.A.R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, Dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara

Usman, Moh. Uzer. (1994). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles