PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN 28 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Elva Refariza STKIP Nasional

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i2.44

Keywords:

Lingkungan Sosial, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas tinggi SDN 28 Lubuk Alung Kabupaten Padangpariaman. Kurangnya keinginnan siswa untuk belajar, dimana siswa hanya sibuk dengan dunia nya sendiri, seperti sibuk bermain, sibuk untuk mencari uang, dan rasa kurang nya perhatian dari lingkungan sosial yang ada di sekitar peserta didik, dan tidak adanya motivasi dari dalam maupun dari luar peserta didik.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari tiga variabel. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh liungkungan sosial dan motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi SDN 28 Lubuk Alung Padangpariaman. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sehingga terpilih sampel sebanyak 55 orang. Instrumen penelitian adalah berupa pembagian angket. Teknik analisis data digunakan untuk menguji hipotesis t dan uji F. Hasil belajar yang dianalisis berupa uji PTS (penilaian tengah semester) semester I tahun ajaran 2022/2023 kelas tinggi SDN 28 Lubuk Alung Kabupaten Padangpariaman.

Berdasarkan uji statistik secara parsial lingkungan sosial (X1) terhadap hasil belajar diperoleh nilai thitung > ttabel (10,944 > 1,67), dengan nilai signifikan 0,050<0,05 yangberarti Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya lingkungan sosial berpengaruh terhadap hasil belajar. secara parsial motivasi (X2) terhadap hasil belajar diperoleh. (2,027 > 1,67) dengan nilai signifikan 0,048 < 0,05 yang artinya Ha ditrima dan Ho ditolak. Arytinya motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan secara silmutanĀ  Fhitung > Ftabel (9,582 > 1,67) dengan nilai signifikan ( 0,000 < 0,05) dan konstribusi 24,1% yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti lingkungan sosial dan motivasi secara simultan berpengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.

References

Afandi, Muhamad. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang:Unissula Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Posedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.

. 2014. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawati. 2011.

B. Uno, Hamzah. 2015. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. jakarta : Rineka Cipta.

Dewantara. 2010. Membangun Kepribadian Dan Watak Bangsa Indonesia. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Faridatul Umah. 2019. Tesis Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas IV dan V Min I Gresik. Malang : Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim.

Firmalinda. 2017. Skripsi Hubungan Motivasi Belajar Dengan Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 26 VII Koto Sungaisariak Padangpariaman :STKIP Nasional.

Hamalik,Oemar. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Pt. Bumi : Aksara.

Istarani, Dan Pulungan, Intan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Parwati, Ni Nyoman dkk, 2018. Belajar dan Pembelajaran . Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Ridwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Kariawan dan Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Brorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2013. Blajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rinrka Cipta.

Sardiman A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Nengajar. padang pariaman:stkip Nasional.

Syah, Muhibbin. 2010. Spikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Susanto, Dr. Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Depok : PT Raja Grapindo Persada.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan.

Wartini, Ni Wayan. 2013. Skripsi Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Impres Pancakarsa II Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato: Universitas Negri Gorontalo.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles