UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN LARI JARAK PENDEK MELALUI PERMAINAN MEMINDAHKAN BENDA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNG RAYA KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.55249/jpn.v2i2.40Keywords:
Aktivitas, Hasil Belajar, Permainan, Memindahkan BendaAbstract
Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa kecepatan lari jarak pendek siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lari jarak pendek melalui permainan memindahkan benda. Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester I Tahun Palajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 12 siswa putri. Teknik pengumpulan menggunakan metode observasi dan teknik tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 2 jenis triangulasi, yaitu triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Teknik analisa data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil analisis data terhadap 4 aspek penilaian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Proses pembelajaran menggunakan model bermain terbukti efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester 1 Semester I Tahun Palajaran 2022/2023. Aktivitas Belajar pada kondisi awal sebesar 35,71% atau 10 siswa, pada siklus I persentase rata-rata pengamatan perilaku siswa sebesar 71,43% atau 20 siswa dan pada siklus II persentase rata-rata perilaku siswa sebesar 92,86% atau 26 siswa. Hasil Belajar aspek kognitif pada kondisi awal, terdapat 11 siswa tuntas atau 39,29%, pada siklus I persentase ketuntasan siswa mencapai 71,43% atau 20 siswa dan pada siklus II persentase ketuntasan siswa mencapai 89,29% atau 25 siswa dan peningkatan nilai rata-rata dari 61,07 pada kondisi awal, meningkat menjadi 68,93 pada siklus pertama dan 78,21 pada siklus kedua. Aspek afektif pada kondisi awal sebesar 9 siswa atau 32,14% siswa dinyatakan tuntas, pada siklus I, persentase ketuntasan keterampilan psikomotor siswa mencapai 71,43% atau 20 siswa serta pada siklus II, persentase rata-rata keterampilan psikomotor mencapai 89,29% atau sebanyak 25 siswa. Aspek psikomotorik pada kondisi awal 14,29% atau 4 siswa, pada siklus I persentase rata-rata pengamatan sikap mencapai 64,29% atau 18 siswa dan pada siklus II, persentase rata-rata pengamatan sikap mencapai 85,71% atau 24 siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lari jarak pendek siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester 1 Semester I Tahun Palajaran 2022/2023 dapat ditingkatkan melalui permainan memindahkan benda.
References
Aqip Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas : Untuk Guru SD, SDLB, dan TK. Bandung: CV Yrama Widya.
Darsono,. 2000. Belajar pembelajaran. Semarang. Ikip Semarang Press Depdiknas,
H.J.S. Husdarta. 2009 Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa E. 2005. Kurikulum berbasis kompetensi, konsep, karakteristik dan implementasi. Bandung : remaja rosdakarya
Phill Yanuar Kiram. 1992. Belajar Motorik. Jakarta : Dirjen Dikti.
Sucipto, dkk. 2000. Sepak Bola. Jakarta : Depdiknas
Sugiyanto dan Sudjarwo. 1993. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta : DEPDIKBUD. Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Suharsimi A, Suhardjono dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tri Hananto Budi Santoso, dkk. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SD Kelas V. Jakarta : Erlangga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 hilman hilman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.