HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.37Keywords:
Gaya Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Sekolah DasarAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Kuantan Singingi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar. Metode peneitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi serta dokumentasi. Data diperoleh dari 248 responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ditunjukkan oleh nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel.
References
Ahmad, M. Y., & Nurjannah, S. (2016). Hubungan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 13 (1), 1-17.
Alnujaidi, S. (2018). The relationship between EFL students’ perceptual learning styles and their language learning strategies in Saudi Arabia. International Journal of English Linguistics, 9(1), https://doi.org/10.5539/ijel.v9n1p69
As’ari, K. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai) Menggunakan Metode Hypnoteaching Bagi Siswa Kelas Vii C Smpn 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun 2016/2017. Al - Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam,1(1), 22-40.
Deby Amelia Putri, dkk. 2021. Analisis Gaya Belajar Siswa SMA/MA/AMK di Wilayah Mataraman Jawa Timur. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5 Tahun 2021 Halm 2607 – 2619.
Haqi, A. L., Haikal, A. F., Musawamah, M., Nikmah, S., & Walidiya, L. (2020). Implementasi Pendidikan Agama Islam Sekolah Indonesia Den Haag. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam,5(2),33-47.
Harlen Simanjuntak. 2021. Strategies for Improving the Quality of Learning in Grade 5 of Primary School (Case Studies in 3 Primary Schools in the City of Medan). International Journal of Research and Review Vol.8; Issue: 1; January.
Lia Nasjiatul Fadjriah. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pemberian Tugas Belajar dan Resitasi. Jurnal EducatioVolume, No.3, 2021, pp. 687-693.
M.H. Ariyanti, Jenny I S Poerwanti, dan S Wahyuningsih. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kegiatan Ekonomi Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria 8(3).
Muhamad Sofian Hadi, dkk. 2021. The Comparative Study Of Students’ Learning Style On Their Achievement In Reading Skill. ELTIN Journal, Volume 9/No 2, October 2021
Nurhasanah, S. (2021). Integration Of Multicultural Education In Islamic Religious Education Learning (Pai) To Form Tolerant. Characters. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(1), 133 –151.
Samrin, S. (2015). Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8 (1), 101-116.
Sri Wilda Albeta, dkk. 2021. The Effect of Learning Style on Students’ Learning Performance During the Covid-19 Pandemic. JTK: Jurnal Tadris Kimiya 6, 1 (June 2021): 115-123.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75– 84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262.
Utomo, K.B. (2018). Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Mi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI. 5(2), 145-156.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621.
Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2019). Analisis Karakteristik Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Jenjang SD, SMP dan SMA. Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 mal alfahnum, Rani Puspita Sari, Masitha Astriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.