KONTRIBUSI IKLIM SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI (SERVANT LEADERSHIP) TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN LUHAK NAN DUO KABUPATEN PASAMAN BARAT

Authors

  • Randia Sukmadewi STKIP nasional

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.36

Keywords:

kepemimpinan yang melayani, iklim sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti pada SD Negeri Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat yang menunjukkan masih rendahnya kinerja guru. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru, di antaranya adalah iklim sekolah dan Kepemimpinan yang melayani (servant leadership). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kontribusi iklim sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat, (2) Kontribusi kepemimpinan yang melayani (servant leadership) terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat, dan (3) Kontribusi iklim sekolah dan kepemimpinan yang melayani (servant leadership) secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif non eksperimen dengan populasi guru SD Negeri Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat sebanyak 248 guru orang, sampel diambil dengan menggunakan stratified proporsional random sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 108 orang guru. Instrumen penelitian ini menggunakan angket.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Iklim sekolah memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat sebesar 6.2%. (2) Kepemimpinan yang melayani (servant leadership) memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat sebesar 13,0%.  (3) Iklim sekolah dan kepemimpinan yang melayani (servant leadership) memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan  Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat sebesar 24,4%. Hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima secaraempiris. Hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa iklim sekolah dan kepemimpinan yang melayani (servant leadership) merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Oleh sebab itu diharapkan kepada pihak-pihak terkait agar meningkatkan iklim sekolah dan kepemimpinan yang melayani (servant leadership) agar kinerja guru dapat meningkat.

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta: Melton Putra

Astohar. 2012. Kepemimpinan Pelayan (Servant Leadership) Sebagai Gaya Kepemimpinan untuk Kemajuan Organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), VOLUME 3 NOMOR 2, NOVEMBER 2012

Bahri Saiful, 2010. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru. STKIP Bina Bangsa Getsempena, Jalan Tgk Chik Di Tiro, Peuniti, Banda Aceh

Dimyati, Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ediosman. 2010. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Tesis tidak diterbitkan. PPs-UNP.

Friedman, Howard S dan Schustack Miriam W. 2006. Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga.

Greenleaf, R. K., 2002., Servant-leadership: A journey into the nature of legitimate power and greatness (L.C. Spears, Ed.) (25th Anniversary Edition). Paulist Press, New York

Hadiyanto. 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hoy, Waync K. Dan Miskel, Cecil G. (2001), Educational Administration. New York : Mc. Graw Hill Companny

Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Imron, Ali. 2004. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Malang: Depdiknas.

Kamaluddin. 1989. Manajemen. Jakarta: Debdikbud.

Kamars, M. Dachnel. 2004. Administrasi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara

Lantu, D, Erich. P, Augusman. R. 2007. Servant Leadership. Gradien Books: Bandung

Mansoer, Hamdan. 1989. Pengantar Manajemen. Jakarta: Depdikbud

Mulyasa. E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Neuschel, R.P. 2008, Pemimpin Yang Melayani., Akademika, Jakarta

Pidarta, Made. 2005. Perencanaan Pendidikan Partisipatori Dengan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pratiwi dewi. 2013. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru, dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonosari. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri : Vol 1 No 1 (2013)

Seger Handoyo. 2010.Pengukuran Servant Leadership sebagai Alternatif Kepemimpinan di Institusi Pendidikan Tinggi Pada Masa Perubahan Organisasi. Jurnal Makara Sosial Humaniora Vol 14 No. 2 Edisi Desember 2010.

Spears, L.C., 2002., On character and servant leadership: Ten characteristics of effective, caring leaders., dari http://www.greenleaf.org/leadership/ read-about-it/ Servant-Leadership-Articles-Book-Reviews.html. Diunduh 28 Januari 2015.

Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sudjana, 1982. Metode Statistik. Bandung: Sinar Baru.

Timpe, A. Dale. 2002. Kinerja. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Usman, Husaini. 2009. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

W.I.M. Poli. 2011. Kepemimpinan Stratejik; Pelajaran dari Yunani Kuno hingga Bangladesh. Makassar: Identitas Universitas Hasanuddin.

Wibowo. 2009. Manajemen Kinerja Edisi 2. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles