PELAKSANAAN KURIKULUM ADAPTIF DALAM PROGRAM EVALUASI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI

Authors

  • Tania Natasha Universitas Negeri Jakarta
  • Widya Prasetyaningtyas Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.34

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Ujian, Penilaian, Modifikasi, Inklusi, Siswa Berkebutuhan Khusus

Abstract

Pelaksanaan kurikulum adaptif dalam program evaluasi untuk anak berkebutuhan khusus di SMA Garuda Cendekia untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai pelaksanaan kurikulum adaptif dalam evaluasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi melalui pengamatan langsung dan wawancara. Tujuannya untuk mengetahui apakah pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang diberikan kepada anak berkebutuhan khusus tersebut sudah berjalan secara efektif atau belum. Metode penelitiannya kualitatif melalui observasi dan wawancara kepala sekolah, learning support, siswa berkebutuhan khusus pada saat pembelajaran berlangsung. Terdapat penyesuaian jumlah soal dan waktu dalam evaluasi. soal yang sulit dianggap tidak fungsional untuk anak berkebutuhan khusus sehingga dihilangkan. penilaian menggunakan observasi seperti keterampilan dan sikap serta praktikum dilakukan secara terpisah. Learning Support bekerja sama dengan guru reguler dalam penyusunan soal untuk anak berkebutuhan khusus. Terdapat kode yang melambangkan soal-soal untuk siswa akomodasi dan modifikasi. Evaluasi di SMA Garuda Cendekia dilaksanakan menggunakan kurikulum adaptif melalui kedua programnya yaitu Akomodasi dan Modifikasi.

References

Perencanaan Pembelajaran Dalam Setting Pendidikan Inklusif | Mushlihatun Syarifah. (n.d.). Retrieved April 25, 2022, from https://www.msyarifah.my.id/perenc anaan-pembelajaran-dalam-setting- pendidikan-inklusif/

Thaariq, Z. Z. A., & Wedi, A. (2020). Model Adaptive Blended Curriculum (ABC) sebagai Inovasi Kurikulum dalam Upaya Mendukung Pemerataan Pendidikan. Jurnal Kiprah, 8(2), 91-104.

Model Model Pendidikan Inklusif, diunggah oleh Asep Supena, 24 September 2021,

https://www.youtube.com/watch?v= e3p6WHA2NUc&t=188s

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles