PELAKSANAAN KURIKULUM ADAPTIF DALAM PROGRAM EVALUASI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI
DOI:
https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.34Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, Ujian, Penilaian, Modifikasi, Inklusi, Siswa Berkebutuhan KhususAbstract
Pelaksanaan kurikulum adaptif dalam program evaluasi untuk anak berkebutuhan khusus di SMA Garuda Cendekia untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai pelaksanaan kurikulum adaptif dalam evaluasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi melalui pengamatan langsung dan wawancara. Tujuannya untuk mengetahui apakah pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang diberikan kepada anak berkebutuhan khusus tersebut sudah berjalan secara efektif atau belum. Metode penelitiannya kualitatif melalui observasi dan wawancara kepala sekolah, learning support, siswa berkebutuhan khusus pada saat pembelajaran berlangsung. Terdapat penyesuaian jumlah soal dan waktu dalam evaluasi. soal yang sulit dianggap tidak fungsional untuk anak berkebutuhan khusus sehingga dihilangkan. penilaian menggunakan observasi seperti keterampilan dan sikap serta praktikum dilakukan secara terpisah. Learning Support bekerja sama dengan guru reguler dalam penyusunan soal untuk anak berkebutuhan khusus. Terdapat kode yang melambangkan soal-soal untuk siswa akomodasi dan modifikasi. Evaluasi di SMA Garuda Cendekia dilaksanakan menggunakan kurikulum adaptif melalui kedua programnya yaitu Akomodasi dan Modifikasi.
References
Perencanaan Pembelajaran Dalam Setting Pendidikan Inklusif | Mushlihatun Syarifah. (n.d.). Retrieved April 25, 2022, from https://www.msyarifah.my.id/perenc anaan-pembelajaran-dalam-setting- pendidikan-inklusif/
Thaariq, Z. Z. A., & Wedi, A. (2020). Model Adaptive Blended Curriculum (ABC) sebagai Inovasi Kurikulum dalam Upaya Mendukung Pemerataan Pendidikan. Jurnal Kiprah, 8(2), 91-104.
Model Model Pendidikan Inklusif, diunggah oleh Asep Supena, 24 September 2021,
https://www.youtube.com/watch?v= e3p6WHA2NUc&t=188s
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tania Natasha, Widya Prasetyaningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.