PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGALI ISI DAN AMANAT PANTUN DI SD 01 NAN SABARIS

Authors

  • Daryusti STKIP Nasional
  • Rina Novitri STKIP Nasional
  • Muslim Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.23

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana menggali isi dan amanat pantun oleh siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Nan Sabaris pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan agar siswa tersebut bisa mencari amanat yang terdapat dalam pantun yang terlihat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Nan Sabaris.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian di Nagari Pauhkambar Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Pengambilan informan dalam penelitian ini dengan Snowball Sampling. Informan dari penelitian ini adalah Siswa dan Guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melalui foto. Uji keabsahan data penelitian ini yaitu melalui 4 kriteria keabsahan data yaitu derajat kepercayaan ( creadibility ) , Keteralihan ( Transferability ) , Kebergantungan ( Dependability ) , dan Kepastian ( Confirmability )

Hasil analisis dan wawancara dengan informan, proses komunikasi dengan yang dilakukan Guru Kelas V sudah dapat dikatakan berjalan dengan baik. Sebagai Komunikator Guru mampu memberikan contoh – contoh pantun yang bisa bermanfaat bagi anak. Interaksi guru dengan siswa sudah berjalan dengan baik, tentu saja pantun yang diberikan guru mudah dimengerti oleh anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pantun sangat penting untuk diajarkan pada siswa.

References

Anitah sri w,dkk 2008 ,Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar,Jakarta :Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumii Aksara.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Darmadi, H.2011 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamdani. 2011 Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Ismawati, E. 2011 Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka

Yusuf A Muri.2011. Metode Penelitian.Pustaka Baru Press.

Tarigan, Djago, dkk. ( 2001). Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Supriadi, dkk. ( 1991). Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Santosa, Puji, dkk. ( 2003). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Mukyadi, Andriani, dan Fajwah ( 2016) Intisari Bahasa Sastra Indobesia. Bandung : Pusat Penerbitan Yrama Widya.

HJ. Yusi Rosdiana, dkk ( 2008) . Bahasa Dan Sastra Indonesia di SD. Jakarta : Pusat Penerbitab Universitas Terbuka.

Tim Bina Bahasa ( 2016) . Rangkuman Pembahasan Sastra Indonesia. Jakarta : PT. Serambi Semesta Distribusi.

Puji Santosa ( 2011) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD. Jakarta : Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles