KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS TINGGI SD NEGERI 30 SUNGAI GERINGGING KABUPATEN PADANG PARIAMAN
DOI:
https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.22Keywords:
Covid-19, Kendala, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Kendala Pembelajaran Daring yang dilaksanakan di Sekolah Dasar sejak pandemi Covid-19. Semua kegiatan pembelajaran tatap muka yang biasa dilakukan di sekolah berubah menjadi pembelajaran berbasis online dan berdampak bagi guru sekolah dasar dalam menyampaikan materi pembelajaran.. Tujuan penelitian adalah untuk Kendala dan Upaya Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian kelas IV, V, VI di SD Negeri 30 Sungai Geringging.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tetulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan dokumen, kadang-kadang dipergunakan secara bersama secara individual. Subjek yang diteliti adalah Guru kelas, Siswa Orang tua kelas IV, V, dan VI di SD Negeri 30 Sungai Geringging.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kendala dan Upaya Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada saat pandemi Covid-19. Kendala pembelajaran daring yaitu Kendala Pembelajaran Daring pada Akses Internet, Keterampilan Guru dalam Mengajar, Kendala Minat baca Siswa, dan Kendala Bimbingan dari Orang Tua. Upaya pembelajaran daring ini baik digunakan tetapi perlu ditambahkan dengan model pembelajaran luar jaringan (luring). Hal ini dikarenakan jika hanya pembelajaran daring saja maka kejujuran dan kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas kurang terkontrol. Sehingga akan baik jika model pembelajaran daring ini dilanjutkan dengan ditambahkan pembelajaran tatap muka.
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan), Jakarta Rineka Cipta.
Agusmanto Hutauruk. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Journal of Mathematics Education and Applied. 45-51.
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/index.
Djamarah saiful Bahri. (2013). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.
Mohammad Syarif Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran : Rajagrafindo Persada.
Medita Ayu Wuladari. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Pada Guru Sekolah Dasar Di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, Vol. 7, No. 2.
Narbuko Cholid, dkk. 2015. Metodologi Penelitian : Bumi Aksara.
Nika Cahyati. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Hal. 152-159.
Ni nyoman Parwati dkk. 2018. belajar dan pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Rusman. 2015. Model-model Pembelajaran : Rajagrafindo Persada.
Riyanto Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan : SIC.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Syah, Muhibbin. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Susanto Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
Surat Edaran nomor 20 tahun 2020 pencegahan dan penanganannya di lingkungan.
Surat Edaran Nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan.
Surat Edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat covid-19.
Wasito dan Wuryastuti. (2020). Coronavirus. Universitas Gajah Mada: Lily Publisher.
Yusuf Munawir Dkk. (2019). Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Silvia Herlina, Yahyar Erawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.