PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SDN 12 2x11 ENAM LINGKUNG

Authors

  • Rina Novitri STKIP Nasional
  • Silvia Roza STKIP Nasional

DOI:

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.21

Keywords:

Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 12 2x11 Enam Lingkung. Faktor penyebabnya antara lain keterlibatan siswa di dalam proses pembelajaran matematika masih kurang terlihat, penyelesaian soal–soal tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari–hari, sehingga siswa merasa pelajaran itu hanya teori yang harus dihafal dan selama proses pembelajaran  belum menggunakan model yang membuat siswa aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika di kelas V SDN 12 2x11 Enam Lingkung.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Ekpserimental atau Eksperimen lemah sedangkan rancangan penelitian design statistic group comporison. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 12 2x11 Enam Lingkung sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN  03 2x11 Enam Lingkung sebagai kelas kontrol. Pengambilan Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Data dalam penelitian ini berupa hasil belajar Matematika melalui hasil posttest dengan bentuk Multiple choice.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data pada dimensi pengetahuan.

Hasil penelitian nilai rata-rata kedua kelas menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 84 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh di kelas kontrol yaitu 72,57. Berdasarkan uji t didapat thitung =3,61 dan ttabel dengan derajat kebebasan dk 32 dari tabel t(0.95)(32)= 1,68. pada taraf nyata , dari  hasil perhitungan terlihat bahwa  thitung>ttabel berarti H0 ditolak  penerimaan H0 dan  Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Matematika di SDN 12 2x11 Enam Lingkung.

References

Ahmad,Susanto.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Ahmad,Susanto.2012.Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Andriani,Dewi.2013.Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan (Penelitian di Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon ).Skripsi.Tidak Diterbitkan. Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah.Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati:CIREBON.

Arikunto,Suharsimi.2014.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta :Rineka Cipta.

________________.2013.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

________________.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

________________.2006.Metode Penelitian Kualitatif.Jakarta: Bumi Aksara.

Arsip Guru kelas V SDN 12 2x11 Enam Lingkung tahun pelajaran 2019/2020.

Arsip Guru kelas V SDN 03 2x11 EnamLingkung Tahun pelajaran 2019/2020.

Depdiknas.2001.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka.

Erlisnawati,Dkk.2013.Tidak diterbitkan. Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 99 Pekanbaru.Primary.https://www.neliti.com.Di akses tanggal 15 Desember 2019.

Freudenthal,H.1991.Revisiting Mathematics Education.China Lectures. Dordrecht: Kluwer

Gagne,R.M.1977.The Conditions of Learning.New York:Holt,Renehart and Winston.

Jihad, Asep.,& Abdul, Haris.2013.Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta:Multi Pressindo.

Kistian,Agus.2018.Tidak diterbitkkan.Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD NEGERI LANGUNG KABUPATEN ACEH BARAT.Bina Gogik.Volume 5 No 2.ejournal.stkipbbm.ac.id.Di akses tanggal 09 Desember 2019.

Nana Syaodih Sukmadinata. .2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution.2011. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prayogi,Oky.2018.Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas V SD NEGERI 1 SUKAJADI.Skripsi.Tidak Diterbitkan.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lampung:Bandar Lampung.jurnal.fkip.unila.ac.id.Di akses tanggal 09 Desember 2019.

Ridwanulloh,Agus.2016.Tidak diterbitkan.Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah.Vol.1 No.1.ejournal.upi.edu.Di akses tanggal 09 Desember 2019.

Rusman.2013.Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Shoimin,Aris.2018.68 Model Pembelajaran Inovativ dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Siregar, Eveline & Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor: Galia Indonesia.

Sudjana, Nana.2016.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Sudjana, Nana.2009.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sudjana.2005.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.2018.Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta

________2016.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

________.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________.2010.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi (2012).Metodologi Penetlitian Pendidikan. Jakarta.PT. Bumi Aksara.

Suprihatiningrum, Jamil.2013.Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi.AR-Ruzz Media.Yogyakarta.

Suparno, paul.2010.Metode penelitian pendidikan fisika. Yogyakarta: universitas senata darma.

Trianto.2016.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

______.2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Surabaya:Kencana.

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles