https://jurnal.stkipnasional.ac.id/index.php/jpn/issue/feed Jurnal Pendidikan Nasional 2023-08-11T21:30:34+07:00 Indra Jaya jpnstkipnasional@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Pendidikan Nasional </strong><a title="e-ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210901450856218" target="_blank" rel="noopener">ISSN 2808-9855 (electronic)</a>, <a title="p-ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220212351429709" target="_blank" rel="noopener">ISSN 2829-2626 (print)</a> is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. Jurnal Pendidikan Nasional is a peer-reviewed journal published by Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nasional. The journal is open for contributions from both domestic and international authors, publishing manuscripts in the fields of education, social sciences, and humanities.</p> <p>Authors are required to understand the journal's instructions and guidelines. Before submitting a manuscript, ensure it is prepared using the provided template. Manuscripts that do not meet the requirements will be rejected.</p> <p>The submission and review process is managed through the web-based Open Journal System (OJS) by the Public Knowledge Project (PKP). Authors must register and log in to submit their papers and check the review status.</p> <p> </p> https://jurnal.stkipnasional.ac.id/index.php/jpn/article/view/63 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SENILAI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA “PAPAN PECAHAN AJAIB” SISWA KELAS III DI SD NEGERI 07 SITAPUNG KECAMATAN AMPEK ANGKEK 2023-08-09T20:28:50+07:00 Eliza eliza@gmail.com <p>Masalah utama dalam penelitian ini adalah sulitnya siswa memahami dan menentukan pecahan senilai. Kesulitan ini timbul dilatar belakangi oleh beberapa hal yaitu : siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, guru tidak menggunakan strategi dan alat peraga sehingga pelajaran masih monoton. Dengan masalah tersebut maka hasil belajar siswa banyak yang dibawah kriteri ketuntasan belajar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar&nbsp; siswa dalam menetukan pecahan senilai dengan menggunakan alat peraga “ papan pecahan ajaib”. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan jumlah subjek 7 orang siswa. Untuk Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini berupa lembaran tes siswa tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan angka sebagai berikut : pra siklus rata-rata 63,5, siklus I adalah 74,5 dan siklus II&nbsp; dengan angka 86,8. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan alat peraga “papan pecahan ajaib” dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan pecahan senilai pada siswa kelas III SDN 07 Sitapung</p> 2023-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Eliza https://jurnal.stkipnasional.ac.id/index.php/jpn/article/view/60 PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 5 KOTA PARIAMAN 2023-08-09T20:36:41+07:00 Irvan Beatres irvanbeatres20899@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 5 Kota Pariaman. Selama PBM (Proses Belajar Mengajar) siswa sering ditemui memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik. Seperti, siswa yang sering terlambat datang kesekolah. Dan kurangnya keinginan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Seperti, siswa tidak konsentrasi dalam mengikuti pelajaran.Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari tiga variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 5 Kota Pariaman. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>proportional random sampling</em>. Sehingga 98 orang siswa merupakan responden penelitian. Instrumen penelitian adalah berupa pembagian angket. Teknik analisis data digunakan untuk menguji hipotesis t dan uji Berdasarkan uji statistik secara parsial Kebiasaan Belajar (X1) terhadap Hasil Belajar diperoleh nilai thitung sebesar 3.244 &gt; ttabel 1,66, dengan nilai signifikan 0,002&lt;0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Secara parsial Motivasi Belajar (X2) terhadap hasil belajar diperoleh nilai t<sub>hitung</sub>&gt; t<sub>tabel </sub>&nbsp;sebesar 4,139&gt; t tabel sebesar 1,66 dengan nilai signifikan 0,000&lt; 0,05. Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.</p> 2023-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Irvan Beatres https://jurnal.stkipnasional.ac.id/index.php/jpn/article/view/62 PENGARUH PENERAPAN MODEL SUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 01 NAN SABARIS 2023-08-09T20:30:43+07:00 Japemar japemar380@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IV SDN 01 Nan Sabaris. Salah satu faktor penyebabnya adalah, beberapa dari peserta didik tidak memperhatikan pendidik dalam menyampaikan pelajaran serta guru belum menggunakan model STAD dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh penerapan model <em>student team achievement division</em> (STAD) terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas IV SD Negeri 01 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian adalah <em>Posttest-Only Control Design</em>. Populasi penelitan ini adalah semua siswa kelas IVA dan IVB&nbsp; dengan jumlah siswa 40 orang SDN 01 Nan Sabaris. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>sampling jenuh </em>sehinnga terpilih kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang di gunakan berupa test. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen 85.05 dan rata-rata nilai di kelas kontrol 76.9. Dari hasil uji statistik diperoleh&nbsp; t<sub>hitung </sub>&nbsp;= 2.32 dan t<sub>ta bel&nbsp;&nbsp; </sub>= 2.024. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Penerapan penggunaan model <em>student team achievement division</em> (STAD) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di&nbsp; SDN 01 Nan Sabaris.</p> 2023-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Japemar https://jurnal.stkipnasional.ac.id/index.php/jpn/article/view/61 UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA MELALUI KEGIATAN IHT DI SDN 29 KOTO HILALANG KECAMATAN AMPEK ANGKEK KABUPATEN AGAM SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023 2023-08-09T20:35:48+07:00 Meiriza Harni Harni@gmail.com <p>Penelitian ini menekankan kepada peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dengan pelaksanaan kegiatan iHT di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan empat langkah pokok, yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian&nbsp; ini&nbsp; menggunakan&nbsp; analisis data kualitatif.&nbsp; Berdasarkan hasil penelitian dapat kesimpulan bahwa pelaksanaan iHT &nbsp;terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil penilaian&nbsp; kompetensi guru-guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva di mana pada kondisi awal&nbsp; rata-rata nilai 45,88 dan masuk dalam kategori Kurang (K), meningkat pada siklus pertama dengan rata-rata nilai 70,93 dan masuk dalam kategori Cukup (C) dan pada siklus kedua dengan rata-rata nilai 90,40 dan masuk dalam kategori Baik (B). Adapun peningkatan kompetensi guru-guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi <em>canva</em> secara individu pada kondisi awal belum ada guru yang dinyatakan tuntas, pada siklus pertama 10 guru atau 55,56% dinyatakan tuntas dan pada siklus kedua 18 guru atau 100% dinyatakan tuntas. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan iHT terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru-guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2023-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Meiriza Harni https://jurnal.stkipnasional.ac.id/index.php/jpn/article/view/64 PENGARUH PENGGUNAAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 21 SIKAPAK BARAT 2023-08-11T21:30:34+07:00 Zulfiati zulfiati1964elok@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA khususnya siswa kelas V SDN 21 Sikapak Barat. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah guru belum menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif dan pembelajaan yang berlangsung masih berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model <em>Talking Stick </em>Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 21 Sikapak Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian <em>Posttest Only Control Design</em><strong><em>. </em></strong>Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 21 Sikapak Barat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan <em>Sampling Jenuh </em>yang berjumlah 40 orang semua<em>.</em> Data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji persyaratan analisis dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan Harga t<sub>tabel</sub>&nbsp; dengan <em>a</em> = 0.05 dan dk 38 yaitu 1,68. Dari penelitian didapatkan t<sub>hitung </sub>= 3,36, karena t<sub>hitung&gt;</sub> t<sub>tabel </sub>sehingga H<sub>a </sub>diterima berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan Model <em>Talking Stick</em> dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model <em>Talking Stick </em>terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 21 Sikapak Barat.Model</p> 2023-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Zulfiati